Tanda Kolesterol Tinggi Yang Seringkali Tak Disadari

Tanda Kolesterol Tinggi Yang Seringkali Tak Disadari

Simplygoodfoodtv –┬áKolesterol adalah salah satu penyebab utama kematian di dunia. Tidak stabil, kematian akibat kolesterol merenggut 2,6 juta jiwa di seluruh dunia setiap tahun. Kolesterol yang tinggi menyebabkan berbagai penyakit, seperti diabetes, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi. Data ini dikutip dari halaman Euractiv. Apa ciri-ciri kolesterol tinggi yang dimiliki seseorang? Ketahui tanda-tandanya melalui penjelasan berikut. Bacalah artikel dr laser sampai selesai!

1. Kolesterol dianggap tinggi jika LDL di atas 160 mg / dL

Tanpa tes, sulit untuk mengetahui apakah kolesterol Anda tinggi atau tidak. Untuk kolesterol low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat, harus kurang dari 100 mg / dL. Angka 130-159 mg / dL adalah batas tertinggi, 160-189 mg / dL dikategorikan tinggi dan di atas 190 mg / dL dianggap sangat tinggi, kata laman Medical News Today. Usahakan untuk menjaga kadar kolesterol LDL Anda tetap rendah ya! Karena kolesterol LDL adalah kolesterol jahat, atau kolesterol jahat.

2. Sedangkan kolesterol HDL di bawah 40 mg / dL dianggap buruk bagi tubuh

Di sisi lain, kadar kolesterol high density lipoprotein (HDL) harus di atas 60 mg / dL. Jika kadar kolesterol HDL Anda di bawah 40 mg / dL, Anda berisiko tinggi terkena penyakit jantung. Angka 41-59 mg / dL dianggap rendah dan di atas 60 mg / dL dianggap baik untuk tubuh, kata halaman Medical News Today. Kolesterol HDL dikenal sebagai kolesterol baik, atau kolesterol baik karena membawa kolesterol ke hati. Kemudian hati akan mengeluarkan kolesterol dari tubuh kita.

3. Berapa total kolesterol yang baik untuk tubuh?

Masih dalam tes kolesterol, berapa total kolesterol yang dianggap baik untuk tubuh? Untuk orang dewasa, direkomendasikan kadar kolesterol total di bawah 200 mg / dL. Sedangkan kolesterol dengan angka 200-239 mg / dL tergolong tinggi dan di atas 240 mg / dL tergolong sangat tinggi, tegas laman Medical News Today. Itulah mengapa kita perlu menjaga kesehatan secara teratur. Tujuannya agar kita bisa memantau kolesterol setiap saat untuk menghindari komplikasi yang bisa membahayakan nyawa.

4. Kolesterol biasanya tidak memiliki gejala khusus

Seringkali, kolesterol tidak menimbulkan gejala khusus. Jadi Anda dapat memiliki kolesterol meskipun Anda terlihat sehat dan bugar secara fisik, kata halaman dokter keluarga. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pemeriksaan kolesterol secara rutin dan berkala untuk memantau kadar kolesterol dari waktu ke waktu. FYI, tes kolesterol dilakukan untuk mengukur kadar lemak dalam darah. 4 komponen yang diukur yaitu HDL, LDL, trigliserida dan kolesterol total.

5. Vena Tersumbat Kolesterol!

Salah satu gejala kolesterol yang paling jelas adalah penyumbatan pada pembuluh darah. Kolesterol yang menumpuk di pembuluh darah akan menyebabkan plak. Jika tidak ditangani, plak ini akan mengeras dan pembuluh darah akan menyempit. Selain itu, plak di pembuluh darah bisa menghalangi aliran darah, jelas laman dokter keluarga. Jika arteri di otot jantung tersumbat, Anda mungkin mengalami serangan jantung. Jika arteri yang tersumbat ada di otak, Anda berisiko mengalami stroke. Wow, jangan biarkan itu!

6. Ciri-ciri kolesterol tinggi juga rasa sakit kepala

Ciri-ciri kolesterol tinggi yang bisa diperhatikan adalah munculnya sakit kepala. Ini mengacu pada studi yang dilakukan pada 1.550 peserta dan diterbitkan di halaman Practical Pain Management. Studi tersebut menemukan bahwa partisipan dengan kolesterol memiliki kecenderungan mengalami sakit kepala yang parah. Studi lain dari Universitas Chieti-Pescara, Italia, menemukan bahwa pasien dengan kadar kolesterol total dan LDL yang tinggi mengalami migrain yang lebih parah daripada orang dengan kolesterol rendah, jelas National Headache Foundation.

7. Terakhir, kolesterol bisa diindikasikan dengan nyeri dada

Tak hanya itu, kolesterol yang tinggi bisa membuat kita merasakan nyeri dada. Ini karena terdapat plak yang menyumbat pembuluh arteri di otot jantung. Sehingga darah tidak mengalir dengan lancar dan membuat dada terasa seperti diremas atau diremas, demikian laman Mayo Clinic.

Demikian ciri-ciri kolesterol tinggi dan cara mendeteksinya sejak dini. Jangan lupa lakukan tes kolesterol secara rutin ya!