Cara Menanam Bunga Asoka Agar Cepat Tumbuh

Cara Menanam Bunga Asoka Agar Cepat Tumbuh

Simplygoodfoodtv –  Bunga asoka merupakan salah satu jenis tanaman hias yang juga banyak peminatnya. Meski namanya tidak sepopuler melati atau mawar, namun keindahan bunga asoka tidak akan kalah dengan kedua jenis bunga tersebut. Bunga asoka memiliki nama latin Saraca Indica yang memiliki tampilan berbeda tidak seperti bunga pada umumnya. Sehingga sebagian orang beranggapan bahwa bunga ini merupakan bunga tunggal, karena bunganya tumbuh bergerombol. Berikut ulasan Papan Bunga Makassar.

Ciri-ciri Bunga Ashoka Bunga

Selain bunganya yang bergerombol, bunga asoka ini juga tidak memiliki aroma yang harum seperti bunga mawar dan melati. Namun, meski begitu, bunga asoka memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan tubuh. Tak jarang ada orang yang memanfaatkan bunga ini untuk mengobati wasir, obat memar, kram betis, dan juga bisa digunakan untuk memicu haid tidak teratur. Ada beberapa cara untuk memanfaatkan bunga asoka, salah satunya dengan cara direbus bersama daunnya. Pengobatan herbal bunga asoka dipercaya sangat efektif, karena terdapat beberapa zat positif yang dapat menetralkan racun dalam tubuh. Beberapa zat tersebut antara lain zat tanin, zat organik, zat besi, dan zat hematocystin.

Beberapa ciri yang dimiliki bunga asoka adalah bunga ini tumbuh bergerombol. Bunga ini juga memiliki beberapa variasi warna, mulai dari merah, kuning, dan oranye. Namun, yang paling umum adalah merah. Seiring berjalannya waktu, banyak ilmuwan yang mengembangkan benih bunga Ashoka yang akan memiliki warna yang lebih beragam. Daun bunga ini cukup kecil dengan bentuk lonjong yang di kedua sisi daunnya bergigi dan runcing. Pohon berbunga asoka dapat mencapai ketinggian sekitar 7 meter dengan tekstur batang yang keras. Jika Anda tertarik untuk menanam bunga ini, cara menanamnya cukup mudah. Berikut ini adalah cara menanam bunga asoka yang bisa Anda lakukan di rumah.

Persiapan benih

Hal pertama yang perlu Anda siapkan adalah bibit bunga asoka. Seperti halnya menanam bunga lainnya, Anda perlu menyiapkan bibit yang berkualitas. Selain menanamnya dengan biji, Anda juga bisa membuat stek atau cangkok. Anda juga harus memperhatikan induk dari bunga asoka yang akan Anda potong atau cangkok nantinya. Peternak perlu produktif dan memiliki bunga yang indah agar nantinya sifat-sifat tersebut dapat diturunkan ke tanaman yang Anda tanam nantinya.

1. Cara membuat stek

Jika ingin menggunakan stek, jenis batang yang bisa dipilih sebaiknya batang yang sudah tua. Biasanya batang sekitar 15 cm. Jika Anda telah menentukan batang pohon yang benar, potonglah dengan gunting atau alat tajam lainnya untuk mendapatkan potongan yang bersih. Pastikan juga alat potong yang Anda gunakan bersih agar tanaman tidak sakit. Kemudian segera masukkan potongan tanaman tersebut ke dalam air agar kesegaran rempalan tetap terjaga.

2. Cara transplantasi

Seperti halnya stek, jenis batang yang akan Anda sambungkan adalah batang yang sudah tua. Cara transplantasi batang bunga asoka adalah dengan mengupas kulit batang dari daerah tersebut hingga menyentuh lapisan kambium batang. Kemudian tutup bagian tersebut dengan campuran tanah dan pupuk kandang. Setelah itu, tutup dengan sabut atau plastik (jika menggunakan plastik, pastikan plastik memiliki lubang untuk akar dan air keluar). Kemudian ikat dengan tali di setiap ujungnya dan air.

Penaburan

Untuk tumbuh dengan baik, Anda perlu menabur benih bunga Asoka. Perkebunan ini bertujuan agar bibit dapat beradaptasi dengan lingkungan baru. Sebelum menyiapkan persemaian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, mulai dari kantong plastik, tanah gembur, dan pupuk kandang sebagai pupuk dasar. Campurkan pupuk kandang dengan tanah gembur kira-kira 1:1. Setelah menyiapkan bibit dan mengetahui cara penyemaian, langkah selanjutnya adalah Cara Menanam Bunga Asoka, sebagai berikut.

Cara menanam

Bunga asoka umumnya digunakan sebagai tanaman hias yang ditempatkan di pekarangan rumah. Bibit bunga asoka bisa anda tanam di pot atau substrat langsung dengan cara membuat lubang terlebih dahulu. Kemudian benih yang dipindahkan ke lubang harus lurus agar tidak mempengaruhi bentuk pohon asoka saat tumbuh. Setelah tanam, air. Usahakan untuk menyiramnya dengan air bersih, karena jika disiram dengan air keruh akan banyak mengandung bakteri yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan bunga yang tidak dapat tumbuh secara maksimal. Selain itu, pohon Ashoka yang berbunga juga harus mendapat sinar matahari yang cukup.

Teliti

Pada tahap perawatannya juga cukup mudah dan Anda perlu melakukan hal-hal berikut agar pohon asoka yang berbunga dapat tumbuh dengan baik.

Pupuk canggih

Biasanya, pupuk susulan diterapkan pada pohon Ashoka yang berbunga dalam waktu satu bulan setelah tanam. Gunakan pupuk daun sebagai pupuk lanjutan untuk mendorong tanaman tumbuh banyak daun dan bunga.

Penyiangan

Kemudian pada tahap penyiangan, Anda perlu menyingkirkan gulma yang tumbuh di sekitar pohon Ashoka yang sedang berbunga. Ini penting agar gulma tidak mencuri nutrisi yang seharusnya diterima oleh pohon berbunga Ashoka. Selain itu, keberadaan gulma akan mempengaruhi keindahan bunga yang dapat membuatnya tampak kotor dan berantakan.

Waktu berbunga

Biasanya pohon asoka berbunga akan mulai berbunga saat memasuki musim penghujan, dimana faktor kelembaban tanah. Bunga asoka yang sudah mekar bisa bertahan hingga 3 bulan.

Sumber: Florist Makassar